Latest News

WASPADAI PENYEBARAN DBD, MDMC BULELENG FOGGING DI MADRASAH

5 months ago Post

Singaraja – MTs Terpadu dan MI Terpadu Mardlatillah Singaraja, menjadi sasaran pengasapan (fogging) yang dilakukan oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Buleleng. Tidak hanya lingkungan sekitar madrasah. Para relawan menyisir setiap bagian di ruang kelas, foging juga dilakukan di halaman dan saluran air yang diduga menjadi tempat persembunyian nyamuk pada hari Sabtu (30/1) pagi.

Tindakan foging di lingkungan madrasah di Kelurahan Banyuasri Kecamatan Buleleng ini dilakukan atas permintaan kepala madrasah, M.Fachrudin, S.Pd, guna mencegah penyebaran nyamuk aedes aegipty dilingkungan madrasah. Pencegahan dilakukan guna memberikan perlindungan kepada guru yang harus bekerja dari madrasah.

“Selama pandemi ini, kami membatasi jumlah guru yang hadir ke sekolah. Guru yang hadir di sekolah tentunya harus terlindungi baik dari virus Covid-19 dan juga demam berdarah”ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Ferry Sarjono, S.T menyampaikan bahwa kawasan sekolah memang rawan serangan atau gigitan nyamuk aedes aegipty. Pasalnya, nyamuk tersebut memiliki perilaku unik, yaitu menggigit pada pukul 08.00 – 10.00 dan pukul 14.00 – 16.00.

“Pagi hari itu, ada aktifitas di sekolah sehingga rawan terjadi serangan nyamuk tersebut” katanya.

Hanya saja, perlu diingat bahwa foging hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Sedangkan larva yang masih hidup di air tetap bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa. Untuk itu, masyarakat diminta tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Jadi kami sampaikan, bahwa kegiatan PSN harus tetap rutin dilakukan sehingga telur dan larva yang hidup di air tetap bisa diberantas”pungkasnya.(rd/Is)

Related Post