Latest News

Peran Muhammadiyah Buleleng dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama

7 months ago Post

MUHAMMADIYAH Buleleng ikut andil dalam kegiatan Seminar Kerukunan Umat Beragama yang diselenggarakan oleh FKUB Kabupaten Buleleng di Aula Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, Sabtu (14/11/2020).

Berbicara tentang kerukunan umat beragama, Muhammmadiyah sebagai gerakan Islam terbesar di Indonesia, tentunya tidak menutup mata dengan toleransi antaragama yang ada. Sebagai organisasi pergerakan Islam, Muhammadiyah tidak hanya mengatur tata cara ibadah, namun juga hubungan bermasyarakat dengan sesama umat Islam maupun dengan non-Islam. Sikap toleran, keterbukaan, dan keteguhan KH Ahmad Dahlan telah menjadi suatu keteladanan yang otentik dalam merumuskan sikap toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Buleleng, salah satu metode yang digunakan Muhammadiyah ialah dengan menanamkan pentingnya sikap toleransi untuk kerukunan umat beragama. Berbagai kegiatan telah diwujudkan sebagai bukti nyata pengamalan sikap toleransi tersebut.

Di antaranya adalah kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan oleh tim MDMC Buleleng. Mereka melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga dengan tidak pernah memandang agama si pemilik rumah. Tidak hanya itu saja, tim MDMC Buleleng juga melakukan kegiatan tersebut di tempat-tempat ibadah umat Hindu, Kristen dan Konghucu. Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Buleleng.

Selain melakukan kegiatan tersebut, pada perayaan Idul Adha, Muhammadiyah Buleleng juga membagikan daging qurban kepada para warga yang tinggal di sekitar komplek Perguruan Muhammadiyah yang notabene adalah umat Hindu. Inilah peran aktif Muhammadiyah dalam merawat toleransi antarumat beragama di Buleleng.

Dalam merawat kerukunan umat beragama, bukan hanya kewajiban warga Muhammadiyah saja, namun tidak ada salahnya jika Muhammadiyah menjadi contoh yang baik dalam merawat kerukunan umat beragama. (Syam)

Related Post