Latest News

Cegah DBD di Musim Hujan, MDMC Buleleng Lakukan Fogging di Desa Suwug

6 months ago Post

Masa pandemi wabah virus corona belum juga berakhir, tetapi di tengah pandemi ini Kabupaten Buleleng harus waspada dengan wabah lainnya yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD), apalagi saat ini sedang musim hujan.

Kabupaten Buleleng menempati urutan pertama dengan kasus terbanyak. Kemenkes mencatat pada bulan September lalu, Buleleng mencatatkan kasus DBD paling banyak, yaitu 2.682 kasus. Di urutan kedua dan ketiga adalah Kota Bandung di Jawa Barat dan Kota Badung di Bali, yang sama-sama mencatatkan kasus sekitar 2.138.

Berdasarkan dari data di atas, maka pencegahan dan penanggulangan wabah virus corona dan wabah Demam Berdarah Dengue menjadi salah satu perhatian Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Buleleng.

Pada hari Kamis (24/12) MDMC Buleleng dihubungi langsung oleh Kepala Dusun Lebah Desa Suwug, Ketut Sukrayana. Melalui Sekertaris MDMC Buleleng, ia menyampaikan bahwa di Desa Suwug bagian utara sudah ada yang terkena demam berdarah.

‘‘Untuk mencegah demam berdarah di Banjar Lebah, kami ingin mengajukan fogging di lingkungan kami’’ ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MDMC Buleleng, Ferry Sarjono, S.T lantas berkoordinasi dengan para anggota beserta ortom lainnya untuk melakukan Fogging di daerah tersebut.

‘‘Dengan memasuki musim hujan ini, tentunya MDMC Buleleng akan selalu berperan aktif untuk mencegah wabah DBD tersebut’’ ujarnya

Merespon cepat permintaan tersebut, pada hari Sabtu (26/12) pukul 05:30 Wita, MDMC Buleleng dengan didampingi Pemuda Muhammadiyah, Kokam dan Fokal IMM Buleleng, bergerak menuju lokasi.

Setibanya di lokasi, kemudian tim dibagi menjadi tiga bagian. Hal ini dilakukan guna mempercepat proses fogging. Mengingat jumlah warga di dusun tersebut berjumlah 525 dan dusun tersebut cukup luas. Giat Fogging pun dilakukan. Selama melakukan fogging tak lupa tim yang terdiri dari beberapa unsur ortom Muhammadiyah Buleleng juga mengingatkan ke masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat sehingga ancaman-ancaman penyakit tidak datang.

Mewakili warganya, Kepala Dusun Lebah, Ketut Sukrayana, mengucapkan terima kasih kepada MDMC Buleleng karena telah membantu masyarakat.

"Terima kasih kami sampaikan kepad MDMC Buleleng yang telah ikut andil dalam pencegahan penyebaran wabah DBD di lingkungan kami’’ tuturnya. (Syam)

Related Post